Home About Meeh Mai Vectors
Monday, December 18, 2006
Internet, Begitu Anehkah Dirimu?
Jumat, 15 Desember 2006

Saya diajak pembimbing PSG untuk ke kantor Telkom di daerah Manyar-Surabaya. Katanya sih disuruh bantu-bantu, ada pelatihan internet gratis untuk sebuah SMP swasta.

Pukul 10.45 kami berangkat. Saya, Pak ketut dan Pak Sukasno. Saat itu Diska maupun Stephen tidak diajak, karena mereka lagi sibuk dengan kesibukannya masing² (baca=ngenet ama chatting).

Sampai di kantor Manyar, saya langsung ke ruangan display untuk speedy yang berisikan 10 buah PC. Sambil menunggu para peserta datang, saya dan Pak Sukasno men-setting ke-10 PC tersebut supaya dapat terkoneksi dengan internet melalui speedy.

15 menit kemudian dari ruang sebelah sudah terdengar riuh suara anak².

"Oh, pesertanya uda datang..." bisik saya dalam hati.

Total peserta sekitar 25 anak. Jika ditambah dengan guru, sekitar 30 orang. Karena PC untuk display hanya 10 buah, maka peserta dibagi menjadi 2 gelombang.

Gelombang pertama terdiri dari peserta laki-laki. Terus terang saya tidak terlalu tertarik dengan mereka. Terang saja, karena saya laki-laki tulen!

Di luar dugaan, mereka ternyata sama sekali buta tentang internet! Mereka saling bertanya, apa yang harus dilakukan pertama kali. Sambil mencoba browsing Google, Pak Ketut menjelaskan di layar display, mengenai bagan, dan semuanya tentang internet.

Karena mereka terlihat bingung sekali, akhirnya Pak Ketut berbicara,

"Kalau kalian mau tanya, silakan langsung tanya sama mas yang di pojokan itu ya, ga usah sungkan..." ujarnya sambil menunjuk ke arahku.

Alamak!

Wahh... Akhirnya hari itu saya jadi guru dadakan buat anak² ini. Yah, terus terang pengetahuan saya tentang internet cuma segitu² aja, tapi ada sedikit rasa aneh yang hinggap di benak saya pada waktu itu.

Waktu itu saya menjelaskan bahwa lewat internet, kita bisa mengetahui informasi dari seluruh dunia dalam hitungan detik. Saya ambil contoh untuk searching image, lewat Google.

Karena mereka terlihat agak suntuk karena tidak tahu harus ngapain, saya akhirnya ambil inisiatif untuk searching gambar salah satu tokoh terkenal WWE SmackDown! yaitu John Cena.

Wihh, bukan main senengnya mereka ketika satu persatu image John Cena muncul di layar monitor.

Sesaat itu saya berpikir,

Betapa beruntungnya saya, karena saat seumuran mereka, pengetahuan saya tentang komputer dan internet, sudah baik.

Betapa beruntungnya saya karena brsekolah di salah satu SMK dengan jurusan Informatika, dan saya mendapat pelajaran tentang Internet dan sebagainya.

Betapa beruntungnya saya, ketika PSG di Telkom, setiaphari mendapat akses internet gratis.

Dan saya merasa beruntung ketika saya sudah dapat mengajari anak SMP dengan pengetahuan saya yang selama ini saya dapat.

Sesuatu yang tiap hari saya hadapi, sesuatu yang sudah saya anggap begitu 'umum' dan sesuatu
yang sudah begitu bersahabat dengan saya, ternyata bagi sebagian besar orang, masih sama sekali merupakan barang asing.

Apakah memang kesenjangan teknologi sudah begitu hebatnya di Indonesia ini?

Hanya kita, sebagai orang Indonesia yang mampu menjawab.





regards,

curnie da Internet tutor

Labels:

bikinan si penyu jam 08:42,  
2 Comments:
  • At 5:04 PM, Blogger "Phiephah Story about Anything" said…

    OK deh....

    gitu donk!!! kita hrs tetep bangga jd siswa SMK Telpon.eh salah..maksudku SMK Telkom.gitu....

    seep deh!!lanjutin perjuangan km tuk menghilangkan kesenjangan teknologi.key!!!

    chayo!!!!! go go go!!!

     
  • At 5:16 PM, Blogger Ryan said…

    lumayan,bagus,tapi slideshow ne elek.


    sering sering ae posting cek g bosen

     
Post a Comment
<< Home
 
kita orang :
Penyu
yang seger :
arsip :
links :